Rabu, 17 Juni 2009

Menerima Waktu Tuhan

Oleh: HAS

Keinginan untuk mendapatkan sesuatu secara instant adalah salah satu yang paling awal dipelajari manusia sehingga menjadi salah satu sifat alamiah manusia. Sejak masih bayi kita sudah belajar mengembangkan sifat ingin serba instant tersebut tanpa disadari. Dengan menangis apakah karena merasa lapar, pipis, merasakan tidak ada orang yang menemani dll sudah cukup untuk segera mendapat perhatian dari orang tua.

Sifat ini terbawa terus sampai ketika kita menjadi dewasa. Kita sering menginginkan agar Tuhan segera memberikan apa yang menjadi impian kita. Kita sering menginginkan agar Tuhan menjawab doa-doa kita dengan cepat, bahkan bila perlu saat selesai berdoa Tuhan sudah langsung menjawab doa kita. Kita sering menjadi tidak sabar bahkan terkadang mempertanyakan Tuhan saat doa kita belum terjawab atau impian kita belum tercapai.

Terkadang kita bahkan memiliki pikiran yang salah tentang Tuhan. Kita berharap Tuhan segera menjawab doa-doa permohonan yang telah kita naikkan dan memberikan impian agar impian kita tentang karir, bisnis, kesehatan, hubungan dan lain-lain segera tercapai, sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Karena ternyata waktu Tuhan berbeda dengan waktu yang kita inginkan, kita tergoda untuk berfikir; apakah mungkin Tuhan sedang terlalu sibuk dengan banyak hal lain sehingga melupakan doa-doa yang telah kita naikkan atau jangan-jangan pada saat itu kita sedang tidak menjadi prioritas Tuhan.

Itu adalah pikiran yang tidak benar. Saat hal seperti itu menggoda pikiran anda, penting untuk segera membuang pikitan-pikiran tersebut, memohon pengampunan kepada Tuhan dan meminta agar diberi kekuatan untuk selalu mempercayai Tuhan. Hanya dengan cara seperti itu, anda dapat mengalahkan pikiran-pikiran yang salah tentang Tuhan yang masih menyimpan sangat banyak warisan untuk anda.

Saya teringat salah saat suatu kecelakaan lalu lintas terjadi pada satu keluarga. Saat itu satu keluarga dengan mobil Kijang baru sedang dalam perjalanan kembali dari Sumatera Utara menuju Jakarta. Saat sedang di daerah Banyuasin-Sumatera Selatan, di jalan yang agak menikung, tiba-tiba saja sebuah truk melintas dihadapan mereka dengan melaju sedikit agak ke tengah jalan. Pengemudi Kijang berusaha menghindarkan tabrakan dengan mengambil memutar setir ke bahu jalan. Tabrakan memang terhindari, namun pengemudi Kijang tidak mampu mengendalikan kendaraannya dan masuk ke jurang di sisi kiri jalan. Saat kejadian itu, dengan refleks para penumpang mobil Kijang berseru ; Tuhan Jesus. Ya hanya sebuah seruan. Melihat kondisi kendaraan yang rusak berat, akan sukar dipercaya, bahwa tidak seorang penumpang pun yang terluka. Yaaa, bahkan tidak satu goresan luka pun terjadi pada 6 orang penumpang mobil tersebut.

Kita perlu memahami bahwa ada kalanya Tuhan menjawab permohonan bahkan hanya satu seruan memanggil nama Nya, saat itu juga tanpa terlambat bahkan sedetik pun. Tidak hanya manusia yang memahami prinsip emergency, bahkan Tuhan sudah memahaminya jauh sebelum manusia diciptakan. Saya membayangkan, saat kecelakaan tersebut belum terjadi, Tuhan telah mengetahui dan melihat apa yang akan terjadi pada kendaraan yang ditumpangi anak-anakNya. Dia bahkan telah menyiapkan suatu rencana untuk menyelamatkan anak-anakNya - para penumpang dikendaraan Kijang tersebut. Namun sering pula terjadi, jawaban atas doa-doa anda atau impian anda membutuhkan waktu seminggu, sebulan, setahun bahkan sepuluh tahun kemudian, baru terwujud.

Tidak peduli sesering apa anda menaikkan doa-doa anda dan seberapa kerasnya anda berdoa, itu tidak akan mengubah waktu Tuhan. Jika anda sedang bergumul dengan suatu persoalan dan setiap jam terus memanjatkan doa yang sama, bahkan saat sebagian besar orang telah tertidur lelap dan anda masih terus berdoa untuk persoalan anda , itu tidak akan merubah waktu Tuhan. Anda perlu memahami bahwa Tuhan kita Yang Maha Tinggi adalah Pendengar Yang Terbaik. Saat anda menaikkan doa permohonan anda, saat anda memanjatkan impian anda, saat itu juga Tuhan sudah mendengar dan mengetahuinya. Bahkan saat anda belum menaikkan doa permohonan anda, Tuhan sudah mengetahui kebutuhan dan keinginan hati anda. Saya tidak sedang meremehkan anda yang sedang bergumul. Namun sekeras apapun anda sedang bergumul, penting bagi anda untuk tetap bersikap tenang, karena mempercayai segala sesuatu dalam kendali Tuhan. Pada waktunya, Tuhan pasti menjawab doa-doa anda.

Kita sering menjadi tidak sabar dan terkadang menjadi marah, merasa kecewa dan frustrasi karena menginginkan Tuhan segera menjawab doa dan permohonan kita. sehingga terus bertanya-tanya; Tuhan kapan aku mendapat promosi di kantor, kapan aku terbebas dari penyakit ini, kapan suamiku, istriku atau anak-anakku akan berubah, kapan Engkau akan mengirimkan pasangan yang Engkau telah janjikan, kapan bisnisku akan bangkit, kapan aku terlepas dari kesulitan keuangan ini dan segala pertanyaan lain. Ketahuilah, segala pertanyaan itu hanya membuktikan bahwa pada hakekatnya anda tidak memiliki iman percaya akan waktu Tuhan.

Tuhan sangat berbeda dengan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Anda tentu sudah menaruh terlebih dahulu deposit pada rekening anda sebelum melakukan penarikan uang di mesin ATM itu. Hanya dengan menekan angka angka atau kode-kode tertentu, maka ATM tersebut akan mengeluarkan sejumlah uang atau memindahkan sejumlah uang ke rekening lain yang anda inginkan – saat itu juga!!! Sekalipun sepanjang perjalanan hidup anda, anda telah dan terus-menerus menaruh deposito rohani anda misalnya dengan cara; menolong orang miskin, bersikap dan berlaku baik terhadap semua orang, memberi makan orang yang lapar dll, itu tidak menjadi jaminan bahwa Tuhan akan menjawab doa-doa, permohonan dan impian anda, pada saat yang anda inginkan.

Saat anda memahami waktu Tuhan, anda akan dapat hidup dengan lebih santai karena mengetahui, pada saat yang tepat Tuhan pasti memberikan apa yang anda impikan. Sesungguhnya anda dapat menikmati hidup sambil menunggu waktu Tuhan karena mengetahui bahwa walaupun hari ini, atau minggu ini atau bulan ini impian anda belum menjadi kenyataan, anda mengetahui bahwa setidaknya pada hari ini anda telah semakin dekat dengan impian atau permohonan anda. Dengan cara demikian anda akan dapat merasakan dalam damai sejahtera dalam menunggu.

Anda tidak perlu menjalani kehidupan dengan kebingungan, kekuatiran atau ketakutan. Anda tidak perlu bertanya apa yang salah dengan diri anda bahkan saat doa-doa anda belum terjawab. Jangan pernah percaya bahwa Tuhan tidak bekerja. Percayalah, Tuhan sedang bekerja dan terus bekerja bahkan saat anda tidak merasakan kehadiranNya atau saat anda tidak menyadari kehadiranNya. Mungkin anda melihat seolah-olah semua pintu sedang tertutup dan anda tidak melihat ada pintu yang terbuka buat anda. Mungkin anda melihat seakan-akan tidak ada jalan keluar dari persoalan atau kesukaran yang anda alami. Anda perlu untuk terus percaya bahwa Tuhan dapat membuka pintu yang lebih besar dan lebih baik. Bahkan kalaupun benar-benar semua pintu tidak dapat dibuka, Tuhan masih mampu membukakan jendela untuk anda. Anda perlu percaya bahwa saat seolah-olah tidak ada jalan keluar dari kesukaran-kesukaran yang anda alami, tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup membukakan jalan. Tuhan sudah memiliki jawaban sebelum pesoalan dan kesukaran itu menghampiri anda.

Namun saat anda melihat semua pintu sedang tertutup, janganlah memaksakan untuk membukakannya sendiri. Janganlah keras kepala memaksakan keinginan anda sebab kadang-kadang Tuhan mengizinkan anda melakukan kemauan anda meski tanpa perkenananNya. Masalahnya adalah jika anda telah melakukannya dengan kekuatan anda maka anda juga yang harus melanjutkannya sampai tuntas. Sering ini akan sangat menguras energi, pikiran, emosi dan bahkan damai sejahtera dalam diri anda. Bila anda keluar dari waktu Tuhan, sesungguhnya itu berarti anda keluar dari kehendakNya. Dan saat anda keluar dari kehendakNya berarti anda sedang berjalan daam kegelapan. Saya tidak sedang mengatakan agar anda duduk-duduk dan berdiam diri saja. Akan tetapi, jika Tuhan terlibat dalam memulai sesuatu, Ia akan melakukannya sampai selesai dan anda tidak perlu terus menerus bergumul lagi.

Tuhan yang kita sembah adalah perencana terbaik. yang sangat akurat dalam melakukan perencanaan sampai kepada detail terkecil. Tuhan kita Yang Maha Tinggi adalah perencana agung yang memperhitungkan ketepatan rancangannya sampai per sekian detik. Tidak ada hal-hal terkecil yang luput dari pengamatannya. Jika selama ini anda mungkin termasuk jenis orang yang terburu-buru, yang kurang sabar untuk menerima waktu Tuhan, kabar baiknya adalah; pada saat anda mau menerima waktu Tuhan, pada saat itu juga anda akan terlepas dari beban hidup yang penuh tekanan dan mulai masuk ke dalam hidup yang penuh damai sejahtera.

Mungkin anda memiliki kebiasaan ataupun karakter yang ingin anda ubah dan anda sudah beberapa lama berusaha namun tetap saja tidak sepenuhnya berubah. Anda perlu memahami bahwa banyak orang lain di luar sana yang mengalami hal yang sama bahkan lebih buruk dari yang anda alami. Anda tidak perlu menjadi kecewa hanya karena perubahan yang anda capai tidak sebanyak dan secepat yang anda harapkan. Anda perlu memahami bahwa dalam hal-hal tertentu dibutuhkan suatu proses. Dan saat bicara tentang proses, berarti berbicara tentang suatu rentang waaktu yang bersifat relative. Dari pada anda menghitung-hitung waktu yang sudah terbuang, penting bagi anda untuk memastikan apakah anda berada dalam jalur tujuan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar